Sabtu, 13 April 2019

APA ITU INTERNET ???


        
      Di era millenial saat ini, hampir semua kalangan baik anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sudah menggunakan teknologi dalam genggaman atau biasa kita kenal dengan smartphone. Dengan adanya smartphone tentunya akan memudahkan kehidupan sehari-hari banyak orang, orang tersebut akan dengan mudah mengakses segala hal apabila smartphone sudah terkoneksi dengan internet, baik itu mengakses berita, berkomunikasi jarak jauh, dan lainnya. Lalu apa itu sebenarnya internet? Kenapa banyak orang saat ini sangat bergantung terhadap internet?
     
       Internet adalah jaringan atau sistem pada jaringan komputer yang saling berhubungan (terhubung) dengan menggunakan sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet juga biasa dikenal sebagai Interconnected-networking. Internet berasal dari bahasa latin, yaitu "Inter" yang artinya "Antara".  Jadi, apabila digabungkan kata per-kata internet adalah jaringan antara atau penghubung. Dengan adanya Internet maka sebuah komputer akan dapat saling berhubungan dengan komputer lainnya yang sama-sama terhubung dengan jaringan internet. 

        Ibarat jalan raya, internet dapat dilalui berbagai sarana transportasi, seperti bus, mobil, dan motor yang memiliki kegunaan masing-masing. Sarana atau fasilitas yang ada di internet itu meliputi e-mail, FTP, Newsgroup, Mailing List, Gopher, dan tentu saja World Wide Web (www).

      Internet tidak ubahnya dengan dunia nyata yang kita tempati sekarang ini. Di dunia maya-pun orang harus mempunyai alamat, karena dengan alamatlah orang dapat mengetahui keberadaan kita. Alamat internet dikenal dengan istilah domain name. Nama domain ini merupakan alamat otentik dan hanya ada satu nama domain di dunia, yang berarti tidak ada nama kembar.

SEJARAH INTERNET


Sejarah dimulai pada Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh seorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan "Galatic Network" oleh dirinya. ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Pada Oktober 1962 beliau memimpin program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmen Pertahanan Amerika Serikat.

Proyek dari ARPANET adalah merancang sebuah bentuk jaringan, kehandalan, dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan, yang akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang kita kenal dengan istilah TCP/IP.

Sejarah awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabilam terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada tahun 1966 Larry Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer. Kemudian beliau merencanakan jaringan yang disebut ARPANET yang dipublikasikan pada tahun 1967. Pada tahun 1969 ARPANET telah melibatkan empat buah komputer yang terkoneksi.

Sejarah internet juga dimulai dengan Komputer pertama berada di University of California Los Angelos, komputer ke dua berada di Stanford Research Institue, komputer ketiga berada di University of California Barbara dan Komputer keempat berada di University Utah. Pada tahun 1971 jumlah komputer yang terhubung ke ARPANET mencapai 14 buah. Pada tahun ini juga protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun. Pada tahun 1972  Larry Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washington.

Sejarah pada tahun 1972 perkembangan internet menjelaskan Ray Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPANET. Beliaulah yang merancang konversi "user@host." Pada tahun ini pula ARPANET menggunakan NCP untuk mentransfer data. Pada tahun yang sama ARPA berubah nama menjadi DARPA. Tambahan huruf D berasal dari kata Defense.

Sejarah pada tahun 1978 Unix to copy protcol ditemukan di Labolatorium Bell. Program ini berguna untuk melakukan file transfer. Pada tahun 1979 News Group yang diberi nama USENET beroperasi dengan dasar UUCP. Penciptanya adlah Tom Truscott dan Jim Ellis (kedua mahasiswa di Duke University) dan Steven Bellovin (dari Universitas North Carolina).

Pemakai dari seluruh dunia bergabung ke grup diskusi ini membicarakan masalah jaringan, politik, agama dan berbagai topik lainnya. Sejarah internet, pada tahun 1982 DCA dan DARPA membentuk protokol yang disebut TCP/IP untuk ARPANET. Selanjutnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan TCP/IP sebagai sebuah standar. Saat itulah internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol.

Sejarah internet pada tahun 1983 ialah John Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan DNS dan mengusulkan sistem pengamatan berbentuk user@host.domain. Pada tahun 1984 DNS diperkenalkan di internet dengan menyebutkan nama-nama jenis domain seperti .gov .mil .org .net dan .com

Pada tahun 1986, diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Pada Tahun 2000-an, internet berkembang begitu pesat, hal ini bisa dibuktikan dengan munculnya milyaran situs di dunia. Dan bisnis digital pun telah menjadi trend berkat perkembangan dari internet.


MENGENALKAN INTERNET DALAM KELUARGA



Pertama, jika di rumah kita ada anak dibawah umur, gunakan internet bersama dengan anggota keluarga lain yang lebih dewasa. Tempatkan komputer di ruang keluarga atau di tempat yang mudah diawasi oleh kita. Jika diperlukan, berilah penjadwalan/pembatasan waktu untuk anak ketika menggunakan internet.


Kedua, Pelajarilah sarana komunikasi dan kandungan informasi yang ditawarkan oleh internet, secara bersama dengan anggota keluarga yang lain. Ajukanlah pertanyaan kepada mereka. Dengan banyak bertanya, jika kita bisa menggali sejauh mana mereka memahami internet, juga tentang cara menggali informasi yang bermanfaat, sekaligus menjauhi informasi yang negatif.


Ketiga, berikan pengertian kepada seluruh anggota keluarga untuk tidak menanggapi/menjawab setiap e-mail ataupun private chat dari orang yang tidak dikenal, termasuk tidak membuka file kiriman dari siapapun dan dalam bentuk apapun.


Keempat, pertegaslah kepada siapapun yang menggunakan internet dirumah kita untuk tidak memberikan data pribadi/keluarga, alamat rumah/sekolah, nomor telepon, tanggal lahir, password dan data diri lainnya kepada orang yang tidak dikenal.


Kelima, mintalah kepada anak dibawah umur untuk segera meninggalkan situs yang tidak pantas atau yang membuat mereka tidak nyaman, baik disengaja ataupun tidak disengaja terbuka. Bujuklah agar mereka terbiasa bercerita kepada kita tentang segala sesuatu yang mereka temui di internet.

___________________________
Refrensi :


Nalwan, A. (1997). Daftar alaman internet dunia. Yogyakarta: Andi.
Oneto, E. & Sugiarto, Y. (2009). Antigaptek internet. Jakarta: Kawan Pustaka.
Anhar. (2016). Panduan bijak belajar internet untuk anak. Jakarta: Adamssein Media.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

IKLAN

Implementasi Karakteristik Sistem

  IMPLEMENTASI KARAKTERISTIK SISTEM Kelompok 11 -Adimas Putra   ( 10517125) - -Muhammad Ikhsan (14517067)- -Yukio Ahmad (16517338)- Kelas 4P...

- Copyright © OCEHAN MAHASISWA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -