Kamis, 08 Oktober 2020

 APA ITU SISTEM?


Suatu hal dikatakan sebuah sistem ketika di dalamnya terdapat banyak komponen yang berhubungan untuk mencapai suatu tujuan. Berikut adalah definisi sistem dari berbagai sumber dan menurut para tokoh:

-Marimin, Tanjung, dan Prabowo (2006)
Sistem adalah suatu kesatuan usaha yang terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain yang berusaha mencapai suatu tujuan dalam suatu lingkungan kompleks.

-Gaol (2008) 
sistem adalah hubungan satu unit dengan unit-unit lainnya yang saling berhubungan satu sama lainnya dan yang tidak dapat dipisahkan serta menuju suatu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

-Alfatta (2007)
sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabel-variabel yang saling terorganisasi, saling erinteraksi, dan saling bergantung sama lain.

-Murdick dan Ross (dalam Alfatta, 2007)
sistem diartikan sebagai seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan lainnya untuk suatu tujuan bersama. 

-Hutahaean (2014)
sistem yaitu suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan kegiatan atau untuk melakukan sasaran yang tertentu.

-Kusrini (2007)
sistem adalah sebuah tatanan yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan tugas/ fungsi khusus) yang saling berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses/ pekerjaan tertentu.

-Anwar (2020) 
Sistem adalah suatu kumpulan bagian yang saling berhubungan dan bergantung serta diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu keseluruhan.


===========================

DAFTAR PUSTAKA

Alfatta, H. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: Andi.

Anwar, M. (2020). Pengantar dasar ilmu manajemen. Jakarta: Kencana.

Kusrini. (2007). Strategi perancangan dan pengelolaan basis data. Yogyakarta: Andi.

Marimin, Tanjung, H., dan Prabowo, M. H. (2006). Sistem informasi manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Grasindo

Gaol, C. J. (2008). Sistem informasi manajemen: pemahaman dan aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Hutahaean, J. (2014). Konsep sistem informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

IKLAN

Implementasi Karakteristik Sistem

  IMPLEMENTASI KARAKTERISTIK SISTEM Kelompok 11 -Adimas Putra   ( 10517125) - -Muhammad Ikhsan (14517067)- -Yukio Ahmad (16517338)- Kelas 4P...

- Copyright © OCEHAN MAHASISWA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -