Kamis, 05 Juli 2018

Makanan yang Ampuh Hilangkan Stres


Emosi, marah, ataupun stres biasanya sangat lumrah dialami oleh ABG ataupun para remaja dikalangan kita. Bahkan saya sendiri juga pernah mengalaminya. Tidak sedikit orang yang sedang mengalami stres memilih untuk kumpul-kumpul dengan teman baik itu ditempat restoran maupun cafe dengan tujuan dapat menenangkan pikiran dengan cara makan ataupun meminum kopi. 

Sayangnya, meskipun enak di santap, tak semua makanan yang biasa kita makan saat itu bukan pilihan terbaik untuk meredakan masalah yang sedang kita hadapi. Kadar hormon stres meningkat tajam ketika anda terbelenggu oleh tekanan sehari-hari.  Koristol menimbulkan sensasi ngidam a.k.a BM (Banyak mau), dan ngidam membuat anda Tetap ingin makan makanan yang bergula dan berkalori tinggi. Dan semakin banyak makanan sampah yang anda makan, mood anda justru semakin memburuk.

Tapi tenang saja, tujuan saya menulis artikel ini untuk share ke kalian beberapa makanan sehat yang bisa kalian lahap sesuka hati jika ngemil, ngunyah adalah pelarian favorit kalian sebagai cara menghilangkan stres.

Cara Menghilangkan Stres yang Nikmat dan juga Sehat

Daftar makanan dibawah ini selain sehat dan lezat, ternyata mengandung nutrisi baik yang telah terbukti mampu memberikan dorongan energi, menurunkan kadar hormon stres kortisol, dan meningkatkan kadar hormon bahagia mood baik serotonin

1. Alpukat


Alpukat merupakan buah kaya akan kandungan glutathione, senyawa unik yang secara khusus memblokir penyerapan lemak tertentu di dalam usus yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Tapi ingat, meski ini buah, alpukat terhitung sebagai asupan lemak. Jadi, bijaklah dalam mengatur porsinya.

2. Berry


Berry merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Buah berry juga terbukti dapat mengurangi peradangan, mencegah kolestrol darah teroksidasi, dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Semua buah-buahan keluarga berry (termasuk raspberry, blackberry, hingga bahkan tomat, pisang,dan semangka) mengandung tinggi vitamin C yang mampu melawan stres.

3. Jeruk


Jeruk adalah gudangnya vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat yang jauh melampaui sekedar meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sudah terbukti ampuh mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres.

4. Kacang Mede


 Ngemil kacang mede dikategorikan sebagai  cara menghilangkan stres yang paling baik diantara semua jenis kacang. Ini karena kacang mede mengandung kadar zinc yang tinggi per onsnya mencukupi 11 persen kebutuhan harian anda. 

5. Oatmeal


Karbohidrat kompleks dari oatmeal membantu otak membuat serotonin, hormon mood baik. Bahkan, studi telah menunjukan bahwa anak-anak yang sarapan pagi dengan oatmeal menunjukan performa belajar yang lebih tajam sepanjang pagi. Selain itu, beta-glukan, jenis serat larut yang ditemukan di oatmeal, dilaporkan dapat membuat Anda kenyang lebih lama daripada biji-biji lainnya.

6. Yogurt


Tidak banyak orang yang tahu bahwa stres sedikit banyak bisa dipicu oleh bakteri jahat yang bermukim didalam perut. Sebuah stufi UCLA 2013 di antara 36 wanita sehat mengungkapkan bahwa mengonsumsi probiotik dalam yogurt mengurangi aktivitas otak di daerah yang menangani emosi, termasuk stres, dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi yogurt tanpa probiotik atau tanpa yogurt sama sekali. Tidak ada salahnya Anda menyantap yogurt sebagai cara menghilangkan stres, terutama mempertimbangkan bahwa yogurt juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya (protein, dan kalsium).

7. Sayuran Hijau


Sayuran seperti bayam atau asparagus mengandung folat, yang menghasilkan dopamin, zat kimia otak merangsang kebahagiaan, sehingga membantu Anda tetap tenang. Dan, sebuah studi tahun 2013 dari Universitas Otago menemukan bahwa mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, bahagia, dan lebih energik pada hari-hari mereka yang makan lebih banyak buah dan sayur.

8. Dark Chocolate


Kata siapa Anda tidak boleh menyantap cokelat saat sedang stres? Dark chocolate khususnya, diketahui menurunkan tekanan darah yang memicu perasaan tenang. Cokelat hitam ini juga mengandung lebih banyak polifenol dan flavonol, Dua jenis antioksidan penting, darpada yang ada di beberapa jus buah. Anda boleh-boleh saja ngemil beberapa bongkah dark chocolate dengan aman sebagai cemilan seminggu sekali, tanpa harus cemas penambahan berat badan yang terlalu dramatis.

__________________________________

https://hellosehat.com/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

IKLAN

Implementasi Karakteristik Sistem

  IMPLEMENTASI KARAKTERISTIK SISTEM Kelompok 11 -Adimas Putra   ( 10517125) - -Muhammad Ikhsan (14517067)- -Yukio Ahmad (16517338)- Kelas 4P...

- Copyright © OCEHAN MAHASISWA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -