Jumat, 29 Juni 2018

Apakah Benar Keseringan Memakai Smartphone Bisa Alami Gangguan Mental?


Kini hampir semua orang menghabiskan lebih banyak waktunya menggunakan smartphone, bahkan hampir setiap menit perlu memeriksa smartphone meski tidak muncul notifikasi atau pemberitahuan. Dampak buruknya, selain bisa meningkatkan kecemasan seseorang seperti yang sudah saya buat artikel sebelumnya pada blog ini (Baca disini). Perilaku terus-menerus memeriksa pemberitahuan di smartphone bisa mengganggu kemampuan fokus, bahkan bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Sejumlah penelitian mengungkapkan, penggunaan media sosial  bisa berakibat buruk bagi kesehatan mental. Facebook juga mengakui, penggunaan pasif jejaring sosial miliknya bisa membuat suasana hati seseorang menjadi negatif.

Bahaya Smartphone Bagi Manusia

Sejumlah investor kabarnya ikut mengupayakan agar produsen menciptakan teknologi baru sehingga pengguna bisa mengurangi kecanduan mereka terhadap smartphone. Namun bila merasa sudah terlalu kecanduan dan ingin mengurangi penggunaan smartphone, berikut beberapa kiat sederhana yang bisa membantu kamu.

1. Matikan Notifikasi Aplikasi Yang Tidak Perlu


Cara sederhana agar tidak terlalu sering memeriksa smartphone ialah mematikan notifikasi yang kamu anggap tidak penting dari aplikasi media sosial maupun aplikasi pesan.

2. Atur Waktu Memeriksa Smartphone


Bila sebelumnya setiap menit harus mengalihkan pandangan dan membuka smartphone, kini manfaatkan alarm untuk mengatur waktu ketika boleh memeriksa smartphone. Bisa mulai 15 menit sekali, 30 menit sekali, hingga tiap 1 jam. Saat alarm bunyi waktunya memeriksa smartphone, namun batasi waktu melihat notifikasi dan jangan lupa setel ulang timer.

3. Singkirkan Aplikasi Pengalih Perhatian di Layar Utama


Awalnya ingin memeriksa cuaca, jam, kemudian pesan masuk. Tanpa sadar beralih ke Facebook dan Instagram karena aplikasi tersebut ada di layar utama. Taruh aplikasi yang dianggap penting untuk digunakan pada layar utama dibagian depan dan tengah, kemudian simpan aplikasi apapun yang ingin dibatasi penggunaannya dengan folder dihalaman berikutnya. Bisa juga melangkah lebih jauh dengan menghapus aplikasi tertentu seperti Facebook atau Twitter dan mengalihkan penggunanya melalui browser di smartphone.

4. Jauhkan Smartphone Dari Tempat Tidur


Jangan biarkan menggunakan smartphone menjadi aktivitas terakhir yang dilakukan sebelum tidur dan menjadi yang pertama dilihat setelah bangun tidur. Gunakanlah alarm biasa dan isi ulang atau simpan smartphone jauh dari jangkauan, agar tidak tergoda memulai aktivitas pertama di pagi hari dengan melihat dan memeriksa smartphone.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips untuk mengurangi kecanduan terhadap smartphone. Tentunya segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak tidak baik. Yuk, mulai kurangi ketergantunganmu dengan smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat. Have a nice day!


________________________________________
Source : JalanTikus.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

IKLAN

Implementasi Karakteristik Sistem

  IMPLEMENTASI KARAKTERISTIK SISTEM Kelompok 11 -Adimas Putra   ( 10517125) - -Muhammad Ikhsan (14517067)- -Yukio Ahmad (16517338)- Kelas 4P...

- Copyright © OCEHAN MAHASISWA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -