Selasa, 19 Juni 2018

PERLU GAK SIH PASANG ANTI VIRUS DI ANDROID?


Seperti yang kita ketahui, Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh seseorang pada Smartphone mereka masing-masing. Banyak merek Smartphone di pasaran yang hampir keseluruhan sistem operasinya pasti menggunakan android, seperti Samsung, Asus, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan masih banyak lagi merek lainnya yang beredar di pasaran. Kecuali Apple, dia mempunyai sistem operasi tersendiri, iOS.

Virus merupakan sebuah masalah yang sudah tidak asing bagi kita, terutama yang sering beraktivitas sehari-hari menggunakan Laptop. Banyak dari kita yang sudah bisa mengatasi masalah ini sendiri, biasanya dengan cara memasang sebuah software Anti-Virus ternama yang banyak beredar & di ciptkan oleh seseorang. Tapi, apakah virus sekarang sudah bisa masuk ke perangkat smartphone ? terlebih Android merupakan sistem operasi, layaknya Windows pada perangkat Laptop yang mudah dimasuki oleh virus. 

Dari Google sendiri, selaku pencipta Android, telah memikirkan matang-matang betul mengenai hal ini. mereka sudah menciptakan perlidungan dasar untuk para pengguna,  yaitu dengan adanya Google Play Services. Dengan fitur real-time scannner-nya, GPS dapat memverifikasi setiap aplikasi yang hendak di-Install.

Jadi, Apa Perlu Pasang Antivirus di Android?

Menurut saya pribadi, antivirus adalah hal yang perlu dan tidak perlu. Dalam arti begini, terkadang sebuah aplikasi antivirus terlalu memakan ruang yang banyak terhadap memori smartphone dan tidak sedikit juga memakan daya tahan baterai, karena harus selalu berjalan di belakang sistem, sehingga dapat membuat Smartphone lambat dan menghabiskan baterai dengan cepat. Tentu kondisi seperti ini dapat membuat jengkel para pengguna Smartphone kelas menengah kebawah yang rata-rata RAM dan kapasitas baterai pada smartphone tersebut pas-pasan.

Teruntuk kalian, bagi yang mempunyai Smartphone minimal RAM 4GB dan tidak terbebani dengan Aplikasi antivirus, ada baiknya kalian pasang Aplikasi tersebut untuk berjaga-jaga. Karena demi keamanan juga. 

Sebaliknya, jika kalian tetap tidak ingin memasang Aplikasi tersebut dengan alasan ketahanan baterai,  saya akan membagikan tips ke kalian agar dapat menghindari ancaman virus yang berupaya masuk ke Smartphone kalian.

Cara Menghindari Ancaman Virus Yang Masuk Ke Android

  • Hindari Download Aplikasi di luar dari Google Play Store


kebanyakan dari kita pasti suka yang gratis-gratis bukan? maka dari itu, tidak sedikit orang yang sengaja mendownload Aplikasi di luar dari Google Play Store dengan alasan bebas atau gratis dibangingkan dengan di Google Play Store yang mana kita mengharuskan membayar untuk beberapa Aplikasi yang sedang kita butuhkan. Jika memang terpaksa, pastikan file APK yang ingin di-install berasal dari sumber yang terpercaya. Karena bisa saja APK tersebut sudah disisipkan script yang bisa mengambil informasi pribadi. 

  • Jangan Sembarangan klik atau buka link yang tidak dikenal

Semisal kamu ingin men-download sesuatu yang banyak jebakan Iklan nya, ataupun mendapatkan pesan broadcast dari teman yang berisikan link. Alangkah baiknya tanyakan dulu itu link apa, bisa jadi teman ataupun kerabat kamu sudah dibajak untuk menyebarkan link scam yang nantinya dapat merugikan kita.


Akhir kata, saya pribadi tidak memasang Aplikasi antivirus di Perangkat Android saya. Meskipun smartphone yang saya miliki mempunyai kapasitas RAM 6GB. Karena jika kita paham dan dapat memilih mana aplikasi yang layak di install atau tidak, semua bisa kita atasi sendiri. Tentu saja ini hal sangat beresiko dan harus saya pertanggung jawabkan. 

Sebetulnya, hal yang dapat mengamankan perangkat Android adalah diri kita sendiri, bukan Antivirus. Karena kalian tau dan harus tau apa saja yang harus di Install dan tidak. Smartphone sudah pintar, Jadi pula pengguna yang pintar! Sekian artikel dari saya, share jika kalian suka. Semoga bermanfaat, Have a nice day!    

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

IKLAN

Implementasi Karakteristik Sistem

  IMPLEMENTASI KARAKTERISTIK SISTEM Kelompok 11 -Adimas Putra   ( 10517125) - -Muhammad Ikhsan (14517067)- -Yukio Ahmad (16517338)- Kelas 4P...

- Copyright © OCEHAN MAHASISWA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -